Perbedaan Alaskan Malamute dan Siberian Husky




Tidak ada perbedaan yang cukup berarti pada warna bulu ataupun warna pola di antara kedua jenis ras ini. Baik warna Abu-abu/Putih, Hitam/Putih, Merah/Putih, dan Putih Total terdapat di kedua jenis ras ini. Ketidak simetris-an, bercak atau warna belang juga terdapat di kedua jenis ras ini.

Malamute dan Siberian bukanlah jenis anjing ras bagi semua orang.

Tetapi mereka cantik, sangat terlalu mesra, cerdas, bersahabat kepada semua orang dan menimbulkan kelucuan yang alami. Mereka akan memaksa untuk mempunyai hubungan dengan anda dan tidak akan pernah tetap hanya menjadi hiasan pekarangan.

Sikap kepatuhan – TIDAK ADA

Jangan mengharapkan sikap kepatuhan yang membudak. Bahkan pada anjing utara yang telah dilatih kepatuhan. Bagian dari daya tarik mereka adalah kemampuan berpikir yang bebas, dan kadang-kadang sikap yang semaunya. Anda akan mendapatkan tujuan dan tanggapan yang anda inginkan apabila anda melatihnya secara terus menerus. Mungkin anda pernah ingat pernah membuat suatu latihan yang menyenangkan, tetapi anda berhenti sebelum anjing anda merasa bosan.. Maka seolah-olah mereka akan menarik sesuatu di udara hanya untuk melihat apa yang akan terjadi. Anjing-anjing ini selalu berpikir.

 Misalnya, Toscha memutuskan pada musin semi 2000 untuk mengubah kebiasaannya. Dia memutuskan bahwa dia tidak suka diberi makan di dalam peti kayunya. Dia ingin diberi makan di luar peti kayunya. Maka saya memegang tali lehernya dan dia berputar-putar sampai saya melepaskannya dan dia meloloskan diri. Saya memutuskan bahwa saya akan menunggu sampai seekor Siberian kelaparan. Dia memperhatikan saya selama tiga hari :

1.Menyuruhnya ke peti kayunya.

2. Meletakkan sepiring makanan di dalam peti kayunya.

3. Membiarkan pintu peti kayunya terbuka dan

4. Tidak memperhatikannya.

Setelah tiga hari akhirnya dia mau makan. Sejak saat itu kemudian dia memutuskan bahwa itu adalah suatu permainan. Dia masuk ke peti kayunya setiap kali dia melihat pintunya terbuka. Kemudian dia berbelok dan menyerigai kepada saya dan meloncat keluar dari rumah, berlari kencang mengelilingi pekarangan, kemudian berbalik dengan keras dan cepat. Dia akan mengombang-ambingkan peti kayunya ketika dia menghantamnya. Saya berguling di lantai sambil tertawa dan saya tidak mendapat ide apapun mengapa itu terjadi. Dia memutuskan untuk masuk ke peti kayunya, padahal dia sebelumnya dia memutuskan untuk tidak mau masuk ke peti kayunya. Jika anda mengharapkan sebuah jawaban, sebenarnya tidak akan pernah ada jawaban. Tetapi saya yakin dia punya suatu alasan dan saya yakin hal itu masuk akal bagi dia.

Melarikan diri

Tosha dan saya juga telah mempunyai suatu pengertian, setelah bertahun-tahun berunding, bahwa apabila dia melihat pintu terbuka ( atau pintu yang dapat dibuka atau pintu yang pernah dibuka dan dapat dipaksa terbuka kembali ), dia akan melakukan segala cara untuk menyelinap. Saya akan mendapat serangan jantung ringan dan segera mengambil truk saya dan mengikutinya sampai dia mau diajak pulang - yang pada akhirnya dia akan kembali naik ke truk dan duduk, menunggu saya membuka pintu sisi truk supaya dia dapat melonjak masuk. ( Saya sangat benci situasi ini dan paham betul bahkan ini mungkin saja dapat membunuhnya secara tiba-tiba. ) Tanpa jeritan histeris lagi, tanpa ancaman, karena dia hanya akan menurunkan telinganya ke bawah dan lari kencang untuk menghindari bunyi. Karena adalah kebenaran yang sangat mendasar mengenai kedua jenis ras ini :

* Mereka tidak dapat dipercaya tanpa tali kekang selamanya.

* Mereka tidak dapat dipercaya tanpa tali kekang selamanya.

* MEREKA TIDAK DAPAT DIPERCAYA TANPA TALI KEKANG SELAMANYA.

Mereka dibiakkan untuk menjadi keras kepala. Mereka dibiakkan untuk pergi dalam suatu tujuan sejauh 100 mil. Tugas mereka adalah bersandar pada tenaga dan menarik dan berlari dan menarik dan berlari. Mereka tidak mempunyai pengalaman di jalanan. Mereka tidak punya pengalaman terhadap mobil. Apabila anda kehilangan seekor malamute atau Siberian dan dia berkeliaran di lingkungan pemukiman, segera telepon dinas pengawasan lingkungan dan penyelamatan hewan. Dia akan menjungkir balikkan tempah sampah tetangga anda. Dia akan mengejar dan membunuh kucing tetangga, ayam, kambing dan domba. Dia akan berkeliaran di jalan-jalan.

Dia akan seperti baik-baik saja pada waktu pertama kali anda melepaskan tanpa kekang di halaman. Dia akan kembali dengan cepat setiap waktu tanpa menghiraukan bagaimana menariknya bau dari rubah. Pada saat itulah, sampai dia merasa ragu-ragu, hanya seketika, dan sebuah mobil menabraknya. Mereka adalah anjing penarik kerera, mereka bukan anjing rumahan.

Anjing rumahan

Tetapi mereka sangat ingin menjadi anjing rumahan. Mereka pintar dan sangat mudah bosan jika mereka tidak diijinkan untuk berbaring di kaki anda. Malamute dan Siberian sangat membutuhkan waktu yang cukup dari para pemiliknya dan harus dimiliki oleh seseorang yang bersedia mencurahkan waktunya untuk bersama dan melatihnya. Mereka membutuhkan untuk menjadi bagian dalam kehidupan keluarga seperti anggota keluarga lainnya dan harus diperlakukan seperti itu. Mereka adalah teman yang luar biasa ketika mereka tinggal pada lingkungan yang tepat.

Ditulis berdasarkan ijin, Chuck Gerson menulis : “Kelihatan sepertinya hampir semua mengenai malamute adalah lucu, menggelikan, menyenangkan, atau memberi kebahagiaan kepada pemiliknya dalam berbagai cara.” Seperti :

* Melompat ke anda.

* Mencakar anda.

* Bergulat dengan anda.

* Berbicara dengan anda.

* Bermain permainan kejar-kejaran dengan anda.

* Bermain perang tarik-tarikan dengan anda.

* Menggerogoti perabot anda.

*Mengunyah sepatu, pakaian, kamera, kartu kredit, kabel listrik, kabel TV, dll.

* Menaiki perabot.

* Meloncat ke pintu melewati anda.

* Tidur di atas kasur.

* Mengemis makanan.

* Mencuri makanan.

* Menggali.

* Mengejar kucing, tupai, kelinci, dll.

* Melolong, menggonggong, dan membuat malamute lain berisik.

* Berbaring melingkar di dalam rumah di tempat anda biasa lewat.

Hal yang sama terjadi di Siberian. Mereka bukanlah anjing “gampangan”. Jika anda tidak mempersiapkan untuk seekor anjing masuk ke dalam rumah dan mengambil alih perhatian, jangan melihat kepada malamute atau Siberian.

Rose Wier menulis : “Kedua jenis ras ini seperti mempunyai anak usia dua tahun dengan waktu yang panjang. Waspada dan selalu harus waspada.”

Perbedaan-perbedaannya

Alaskan malamute dan Siberian Husky mempunyai banyak persamaan, tetapi mereka bukan ras yang sama.

Malamute biasanya memiliki berat 75 – 100 lbs. Sedangkan Siberian sekitar 50 lbs. Malamute memiliki berat badan yang berat sedangkan Siberian memiliki berat badan yang ringan. Untuk malamute, adalah gambaran dari Siberian yang lebih besar, pendek gemuk, lebih berotot. Otot mereka lebih berat, telinganya lebih pendek ke kepala dan tulangnya lebih besar. Semua hal ini tergantung apakah anda mencari malamute yang kecil atau Siberian yang besar.

Warna mata malamute adalah coklat. Hal ini penting karena tempat penjualan anjing mengacaukan surat AKC dan masyarakat. Mereka menipu surat secara diam-diam mengakui malamute yang bermata biru – padahal mereka bukanlah ras asli dari malamute. Warna mata dari Siberian dan coklat, atau biru, atau salah satu dari kedua warna tersebut atau terdapat kedua warna tersebut pada mata yang sama.



Kedua jenis ras ini dibiakkan untuk menarik kereta, tetapi dalam situasi yang berbeda dan oleh masyarakat yang berbeda. Siberian Husky dibiakkan dalam kelompok yang besar, kecepatan yang stabil, berat yang stabil untuk menarik kereta oleh masyarat Chuckhi di Siberia Utara. Alaskan Malamute dibiakkan dalam kelompok yang lebih kecil, kecepatan yang lebih rendah dan menarik beban yang lebih berat oleh masyarakat Eskimo/Malamute di Alaska Utara. Kedua ras ini harus bertahan dalam kondisi yang tidak menyenangkan, maka mereka mengembangkan kepandaian yang kuat untuk menyesuaikan kondisi yang keras ini. Kepandaian ini bukan harus berarti kepatuhan. Suruhlah seekor anjing Golden Retriever untuk duduk maka dia akan melakukannya. Suruhlah seekor Alaskan Malamute atau Siberian Husky untuk duduk maka dia akan lari mengelilingi anda. Dia akan berseru woo-woo pada anda. Dia akan tidak memperdulikan anda. Dia akan melompat, melompati pagar, membawa kembali barang yang dilemparkan, melompat balik pagar dan membawanya ke anda.

Malamute lebih besar, pendek gemuk dan bebannya lebih besar ( banyak yang menyangkal kenyataan ini, tetapi seekor anjing dengan berat 78 – 85 lbs dapat membawa beban lebih berat daripada anjing yang hanya memiliki berat 50 lbs). Kedua anjing ini dapat menarik beban seharian, sebaliknya Siberian dapat menarik beban yang ringan secara cepat sedangkan malamute menarik beban berat secara tetap ( dan kedua ras ini dibiakkan dengan tujuan ini menurut pikiran manusia ).

Sejauh pemilik anjing mempunyai perhatian, Siberian secara umum lebih baik dalam situasi tertentu, karena malamute dapat menjadi lebih agresif terhadap malamute lainnya. Tetapi malamute secara umum lebih tenang, karena Siberian dapat menjadi hiperaktif. Siberian memiliki usia hidup yang lebih panjang dapat diharapkan daripada malamute. Keduanya dapat menggonggong. Meskipun berlawanan dengan mitos bahwa mereka tidak dapat menggonggong. Mereka juga howling, woo, melolong, ruff, mendengkur, mengerang, menggeram, menyanyi, serenade, merengek, memekik, moo dan yodel. Diam adalah bukan dari sifatnya. Suara yang indah mereka adalah salah satu karakter yang berbeda dan menyenangkan.

Standart AKC

Untuk melengkapi gambaran fisik dari kedua jenis ras ini dapat dilihat pada standart ras dari AKC untuk Alaskan Malamute dan Siberian Husky. Dan untuk diketahui bahwa kedua jenis ras ini bukanlah anjing untuk semua orang.

Kedua jenis ras ini, dapat menjadi anjing kesayangan terbaik di bumi ini, mereka membutuhkan komitmen yang serius dan jangka panjang dari siapapun yang telah memilihnya untuk memiliki mereka.

(Sumber artikel dari www.akc.org)

0 komentar:

Posting Komentar

More Info
WA/Line/Wechat
Anni-081572985289
PIN BB
51A22388

 

Twitter Updates

Meet The Author